Writing Contest 2019
Kamu punya harapan terhadap Indonesia lima tahun ke depan? Punya gagasan tentang hal-hal apa saja yang terbaik dan perlu dilakukan untuk membuat Indonesia maju di bawah Presiden terpilih Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin? Pengin idemu dibaca, di-share dan dikomentari sebanyak mungkin orang? Pengin idemu dijalankan oleh pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin ke depan? Ayo, tuangkan pikiran cerdasmu dalam Lomba Menulis atau Writing Contest bertema “Ekspresikan Idemu untuk Indonesia Maju”. Tulis saja idemu dengan gaya nge-pop, bercerita dengan renyah, supaya mudah dipahami. Ada beberapa tema tulisan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Peserta lomba terbuka untuk masyarakat umum, baik pelajar/mahasiswa, pengamat, blogger maupun jurnalis.
Cerita Sukses
Writing contest kali ini adalah kompetisi menulis yang kelima kali diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia Group. Sebelumnya, Tema Writing Contest “Ekspresikan Idemu untuk Indonesia” pernah digelar pada tahun 2014 sesaat setelah Pemilihan Presiden. Setelah itu, Bisnis Indonesia menggelar writing contest dengan tema “Indonesia Sehat”, “Hemat Energi secara Total”, dan “Refleksi 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia”. Ekspresikan IDEMU Pada berbagai writing contest itu, kami berhasil menjaring hingga hampir 5.000 pendaftar dan 1.700-an artikel yang masuk dalam setiap event kompetisi. Hal itu berkat upaya mempromosikan Writing Contest dengan saluran promosi online dan offline maupun media sosial.
Tema
“Ekspresikan Idemu Untuk Indonesia Maju”
Sub Tema
1. Harapan Baru kepada Presiden Jokowi
Tulisan mengenai sosok, kepemimpinan, prestasi, atau rekam jejak serta harapan kepada Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2019, saat memimpin Indonesia periode 2019-2024.
2. Pembangunan Infrastruktur dan Manfaatnya Bagi Masyarakat
Uraian mengenai pembangunan infrastruktur, manfaatnya, pembiayaan, optimalisasi, dampak bagi kehidupan masyarakat. Bisa lebih spesifik tulisan mengenai jalan tol Trans Jawa, tol Trans Sumatra, pembangunan bendungan dan sarana pengairan/irigasi, jaringan dan pembangkit listrik, telekomunikasi dan satelit, bandara, pelabuhan, dsb.
3. BUMN untuk Pembangunan Negeri
Paparan mengenai upaya pemberantasan korupsi, gerakan antikorupsi, upaya penegakan hukum, pengelolaan ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat, penegakan keadilan, dsb.
4. Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju
Uraian mengenai ide-ide dalam perbaikan sektor pendidikan termasuk pemerataan pendidikan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, sistem pengajaran, kondisi dan mutu sekolah, pergu ruan tinggi, perbaikan mentalitas dan perilaku manusia Indonesia, dsb.
5. Perbaikan Jaminan Kesehatan untuk Masyarakat
Ide mengenai kondisi jaminan kesehatan untuk masyarakat, termasuk cara menghimpun dana BPJS Kesehatan, perbaikan pelayanan BPJS Kesehatan, upaya memperluas akses BPJS Kesehatan, kemudahan untuk pasien, support untuk untuk tenaga medis, sistem pengobatan dsb.
6. Destinasi Pariwisata Indonesia
Ide seputar usaha meningkatkan daya saing industri dalam negeri, upaya mengurangi impor, membendung produk dari luar negeri, dukungan untuk UKM, peraturan perdagangan, ekspor-impor, dsb.
7. Memanfaatkan Ekonomi Digital
Tulisan tentang ekonomi berbasis internet, disrupsi teknologi di berbagai sektor yang disebabkan perkembangan teknologi informasi, soal telekomunikasi, pemerataan jaringan, akses informasi untuk masyarakat, perdagangan elektronik, bisnis digital, unicorn Indonesia, dsb.
8. Mengelola Energi dan Sumber Daya Alam yang Bermanfaat
Paparan tentang sumber energi, pengadaan energi, distribusi energi, upaya menghemat energi, energi baru dan terbarukan, hemat BBM, subsidi energi, tata kelola energi, dsb. Juga ide mengenai pengelolaan Freeport setelah divestasi saham mayoritas menjadi milik Indonesia.
9. Inovasi Produksi Pertanian dan Pangan
Tulisan mengenai ketahanan pangan, produksi dan pengolahan pangan, pertanian, kebijakan mengenai beras, gula dan lainnya.
© Copyright 2019. All Rights Reserved