Artikel
Djoko Subinarto
Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju

Kualitas SDM dan Indonesia Maju

IKHTIAR untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kita perlu terus dilakukan. Tanpa SDM yang berkualitas, bangsa ini akan semakin sulit menghadapi tantangan serta persaingan global yang semakin sengit di masa depan.

Kita sama-sama tahu, keberadaan SDM yang berkualitas bakal menjadi kunci penting bagi kemajuan negeri ini. Sektor pendidikan tentu saja memegang peranan dalam hal menyiapkan SDM-SDM yang andal dan mumpuni di berbagai bidang. Bisa dikatakan bahwa pendidikan merupakan tulang punggung untuk menggapai sebuah Indonesia modern yang lebih maju.

Proses kehidupan berbangsa dan bernegara kita ke depan tidak akan pernah terlepas dari beragam persoalan serta tantangan yang, mau tidak mau, harus kita hadapi. Jika tidak didukung dengan SDM yang berkualitas, bangsa ini akan keteteran menyelesaikan aneka persoalan serta tantangan yang boleh jadi bakal semakin berat di masa depan. Padahal, pada saat yang sama, persaingan global boleh jadi juga kian sengit.

Untuk meningkatkan kualitas SDM kita, investasi di sektor pendidikan perlu kian digenjot. Program wajib pendidikan dasar dan menengah mesti benar-benar bisa diwujudkan secara merata. Sementara itu, program pendidikan vokasional dan pelatihan keterampilan mesti masif dilaksanakan hingga ke daerah-daerah pelosok terpencil.

Pemerintah perlu mendorong terciptanya sinergi dan kolaborasi antara sektor pendidikan dan sektor industri. Kurikulum pendidikan diupayakan bukan hanya harus kekinian, tetapi juga mesti futuristik, sehingga berorientasi pula jauh ke masa masa depan. Beasiswa khusus bagi mereka yang berotak sangat cemerlang untuk belajar ke berbagai institusi pendidikan di luar negeri perlu terus digelontorkan. Tak ada salahnya pemerintah mengundang pula sejumlah profesor berkaliber internasional dari mancanegara untuk bekerjasama menciptakan pusat-pusat riset ilmu dan pengetahuan di dalam negeri.

Porsi dana untuk riset perlu diperbesar. Inovasi-inovasi brilian, untuk menjawab berbagai persoalan yang sedang dan akan dihadapi bangsa ini, akan lahir dari riset-riset berkualitas. Agar mampu melakukan riset berkualitas, para periset perlu ditopang dengan dana serta fasilitas yang memadai.

Mengelola talenta

Kita menyambut baik rencana pemerintah yang akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi anak-anak yang memiliki talenta istimewa. Sudah saatnya negara memberi perhatian lebih khusus kepada mereka. Negara kita sesungguhnya memiliki lumayan banyak anak bertalenta istimewa dalam berbagai bidang.

Persoalannya selama ini yaitu sedikit sekali dari anak-anak bertalenta di negeri ini yang benar-benar dapat menyalurkan talenta mereka. Diperkirakan, dari total 65 juta anak Indonesia usia sekolah saat ini, sekitar 1,3 juta di antaranya adalah anak bertalenta istimewa. Sayang, dari jumlah tersebut, baru satu persen atau sekitar 13.000 anak saja yang bisa terakomodir dengan mendapatkan pendidikan khusus. Padahal, mereka ini adalah aset-aset bangsa yang sangat potensial.

Oleh karena itu, pemerintah -- baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah -- sudah seyogianya lebih peduli kepada anak-anak bertalenta istimewa dengan jalan menyediakan sekolah-sekolah khusus buat mereka.

Selain memiliki kemampuan intelektual di atas rata-rata, anak bertalenta istimewa biasanya memiliki daya kreativitas yang melebihi anak-anak di usianya, selalu bertanya banyak hal, memiliki keingintahuan yang sangat tinggi, memiliki perasaan dan pendapat yang kuat, menyenangi orang dewasa, inovatif, senang belajar dan menyukai tantangan serta berpikir detil serta rinci.

Karena kecenderungan mereka yang sangat berbeda dari anak-anak pada umumnya, pola pendidikan bagi mereka haruslah berbeda pula. Mereka harus dimasukkan ke dalam sekolah khusus, atau minimal kelas khusus, selaras dengan bakat yang mereka miliki.

Banyak kasus di mana sejumlah anak bertalenta istimewa tatkala bersekolah di sekolah umum justru mereka kerap dianggap bodoh, pemalas dan terbelakang oleh guru-guru mereka. Sudah barang tentu, hal demikian sangat disayangkan. Bagaimanapun, sekolah umum tidak akan pernah cocok untuk anak-anak bertalenta istimewa.

Di sinilah letak pentingnya keberadaan pendidikan khusus untuk anak-anak bertalenta istimewa. Sebagai warga negara, anak-anak bertalenta istimewa ini memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Oleh sebab itulah pemerintah harus mampu menyediakan sekolah khusus untuk mereka.

Sungguh memilukan jika anak-anakyang memiliki talenta istimewa di negeri ini sama sekali tidak bisa mengembangkan segenap potensi yang mereka miliki dan akhirnya frustrasi akibat terkendala oleh tidak tersedianya sekolah khusus buat mereka.

Harus diakui, biaya menyediakan sekolah khusus -- dengan semua fasilitasnya -- untuk anak-anak bertalenta istimewa tidaklah sedikit. Belum lagi soal dana untuk operasionalnya. Meskipun demikian, pemerintah tetap harus berkomitmen untuk bisa menyediakan layanan pendidikan terbaik buat mereka.

Dalam soal dana, pemerintah, misalnya, dapat menggandeng pihak lain untuk bekerjasama. Banyak perusahaan yang saat ini telah memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Pemerintah bisa saja berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan yang telah memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya di bidang pendidikan, untuk menyediakan pendidikan khusus untuk anak bertalenta istimewa.

Kalaupun pendirian sekolah-sekolah khusus untuk anak bertalenta istimewa itu sulit diwujudkan, minimal bisa berdiri dulu kelas-kelas khusus untuk mereka di sejumlah sekolah yang ditunjuk. Kelas-kelas khusus ini bukanlah semacam kelas akselerasi, melainkan kelas yang benar-benar khusus ditujukan untuk anak bertalenta istimewa, dengan kurikulum yang dirancang secara khusus buat mereka. Upaya lainnya yaitu negara membiayai anak-anak bertalenta istimewa di negeri ini untuk menimba ilmu ke luar negeri.

Sementara itu, yang juga perlu mendapat perhatian adalah yang menyangkut para orangtua dari anak-anak bertalenta istimewa. Para orangtua mereka perlu juga mengetahui bagaimana menghadapi dan menangani anak-anak bertalenta istimewa. Karena itu, program-program penyuluhan, pelatihan dan pendampingan buat para orangtua mereka juga layak diberikan.

Jangan sampai anak-anak bertalenta istimewa itu mendapat perlakuan yang salah dari para orangtua mereka akibat ketidaktahuan para orangtua ihwal bagaimana seharusnya menghadapi dan menangani mereka.

Akhirnya, kita berharap bahwa pemerintah memang berkomitmen penuh untuk meningkatkan kualitas SDM kita, sehingga kehidupan bangsa dan negara ini semakin maju dan juga semakin sejahtera.



Kembali ke artikel lainnya readers
© Copyright 2019. All Rights Reserved