Artikel
Thurneysen Simanjuntak
Memanfaatkan Ekonomi Digital

Teknologi Digital dan Akses Internet Sejatinya Membuat Kehidupan Lebih Baik

Membayangkan kembali hal-hal yang saya pelajari 28 tahun silam di bangku SMA, atau 25 tahun silam di bangku kuliah, ada banyak hal yang berbeda dengan apa yang saya pelajari dan pikirkan saat itu dengan kenyataan yang terjadi sekarang.

Tidak ada satu buku pun yang pernah saya baca mampu menggambarkan kemajuan teknologi digital seperti sekarang. Setidaknya dengan buku-buku bacaan tersebut, dapat membuat saya mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi era sekarang.

Bahkan, tidak sedikit guru yang hanya mampu memotivasi murid di depan kelas, “kamu harus pintar berbahasa Inggris dengan memiliki keahlian komputer (baca : Microsoft Office), maka kamu akan mudah mencari pekerjaan dan bahkan akan memiliki pekerjaan yang lebih baik”.

Akhirnya, kami pun berlomba-lomba meningkatkan keahlian dengan mengikuti les Bahasa Inggris dan Komputer demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Padahal di era sekarang, kedua keahlian tersebut bukan lagi sebagai sebuah keunggulan, seperti pemahaman kami pada masa itu. Kedua keahlian tersebut, sejatinya merupakan kewajiban bagi semua orang yang bersaing di era sekarang.

Perubahan memang menggelinding begitu cepat. Penemuan dan inovasi teknologi tidak pernah berhenti. Termasuk dalam kaitannya dengan teknologi digital dan internet, yang dengan serta merta telah mengubah gaya hidup, cara bekerja dan berkarya orang-orang pada saat ini.

Dalam buku “The Great Shifting” yang ditulis oleh Prof. Rhenald Kasali, PhD., mengatakan setidaknya ada sepuluh prediksi tentang proyeksi kehidupan dan bisnis dalam sepuluh tahun ke depan. Diantaranya, kehidupan dan bisnis akan berpindah secara masif ke dalam platform.

Kemudian, pekerjaan-pekerjaan yang kita kenal pada abad 20, lambat laun akan digantikan pekerjaan-pekerjaan baru yang berbasis teknologi, dalam hal ini tentu berhubung dengan teknologi digital dan internet. Selanjutnya, yang tidak kalah penting bahwa data dan informasi menjadi basis penting dalam perekonomian dan teknologi.

Sebagai bagian dari generasi X, kemajuan teknologi digital adalah tantangan tersendiri bagi saya pribadi. Tentu berbeda dengan mereka yang lahir atau dekat dengan era sekarang. Sejati mereka akan jauh lebih melek teknologi daripada kami sebagai “generasi pendatang” di era ini.

Tetapi saya termasuk orang yang optimis dan sangat beruntung pada era ini. Secara perlahan saya mencoba beradaptasi dan berselancar dalam gelombang perubahan. Beberapa tahun terakhir, setidaknya saya telah memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan akses internet sebagai pendukung perekonomian keluarga melalui kemampuan menulis. Minat saya dalam hal tulis menulis, ternyata sangat mendapat tempat di era sekarang. Sangat berbeda jika dibandingkan di era sebelumnya.

Dulu, betapa sulitnya mencari media sebagai wadah untuk menitipkan karya tulis, yang notabene masih dikuasai media mainstream. Belum lagi persaingannya yang begitu ketat. Tetapi pada era ini hal itu tidak berlaku. Era ini begitu mudahnya mencari platform sebagai wadah penitipan ide dan gagasan yang berbentuk tulisan. Menariknya, tidak sedikit pula yang menghargai ide dan gagasan tersebut dengan harga yang pantas.

Tentu rekan pembaca juga memiliki pengalaman dalam memanfaatkan teknologi digital dan internet tersebut. Saya yakin bukan hal asing lagi bagi masyarakat. Bahkan masyarakat yang ada di desa pun sudah dapat menikmati kemajuan teknologi digital dan akses internet tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Permasalahannya, apakah sudah memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan internet tersebut secara optimal? Sudahkah kemajuan tersebut memberikan nilai tambah bagi kehidupan diri dan keluarga?

Atau jangan-jangan dengan kehadiran teknologi ini hanya dimanfaatkan dari sisi negatifnya saja, seperti menyebarkan hoaks di media sosial serta menghabiskan waktu dengan gadget di tangan tanpa arah yang jelas.

Sudah saatnya memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan internet untuk hal-hal yang positif dan berguna. Bahkan harus mulai keluar lebih jauh lagi, dalam arti mulai mempersiapkan diri untuk bersaing dan menjadikannya sebagai nilai tambah bagi usaha dan kehidupan yang lebih baik.

Untuk sukses tentu kita harus menjadi pribadi yang dinamis, adaptif dan senang belajar hal-hal baru. Misalnya, ketika ingin mengembangkan usaha, ada baiknya mulai berani mencoba mengembangkan usaha tersebut dengan berbasis digital seperti dalam melakukan promosi dan penjualan dengan memanfaatkan gadget dan internet.

Dalam hal ini, ternyata teman-temanku pun sudah banyak yang memanfaatkan media sosial untuk menjual barang dagangannya (bisnis online). Ternyata, tidak sedikit yang dapat meraup untung dari kehadiran media sosial tersebut.

Jika rekan pembaca tertarik dan ingin mencoba, tetapi masih kewalahan dengan seluk beluk pengembangan bisnis online, mari manfaatkan pembelajaran di internet. Di sana kita dapat menimba berbagai pengalaman orang ketika memulai merintis dan menjalankan usahanya. Bukan itu saja, kita pun dapat mencari guru yang terbaik bagi diri kita di internet.

Saya jadi teringat dengan seorang siswa SMP yang sedang menampilkan kehebatannya bermain musik pada sebuah even “Exhibition Day” yang diselenggarakan sekolah tempatku mengajar beberapa waktu lalu. Saya penasaran dan bertanya, bagaimana si anak tersebut dapat memainkan keyboard dan pianonya dengan baik. Awalnya saya berpikir kalau dia pasti belajar di sebuah tempat les musik. Dugaan saya keliru, ternyata dia sejak kelas 6 SD belajar sendiri dari youtube. Saya baru tersedar kalau di internet itu apa saja ternyata ada, yang penting mau belajar, itulah modalnya.

Nah bagi Anda yang ingin belajar strategi mengembangkan bisnis online tersebut, pintar-pintarlah mencari guru di internet. Perbanyak menggali pengetahuan melalui pengalaman orang yang telah sukses di dunia bisnis, sehingga Anda dapat berkembang mengikuti jejak mereka.

Yakinlah, jika Anda memanfaatkan teknologi digital dan akses internet dengan baik untuk mengembangkan bisnis online, tentu dengan terus beradaptasi dan belajar, maka niscaya bisnis online Anda akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi sesama.



Kembali ke artikel lainnya readers
© Copyright 2019. All Rights Reserved