Artikel
Eva Septia Khoriah
Inovasi Produksi Pertanian dan Pangan

Inofasi 4.0 agraris

Indonesia merupakan negara agraris, didukung dengan tanah yang subur dan letaknya di daerah tropis sehingga mengalami hujan lebat dan sinar matahari hampir sepanjang waktu. Yang merupakan elemen penting untuk pertanian, luas tanah pertanian Indonesia 7, 1 juta hektar pada tahun 2018 (catatan BPS). Pertanian mampu menyumbang lapangan kerja cukup besar juga merupakan salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia. Meskipun kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik bruto nasional semakin menurun, tetapi saat ini sektor pertanian masih memberi pendapatan bagi sebagian besar rumah tangga Indonesia.

Dengan keadaan yang ada sektor pertanian sangat menguntungkan bagi negara. Sangat disayangkan dengan keadaan yang demikian mengapa negara Indonesia masih menginpor  bahan pangan terutama pertanian. Harusnya kita lebih memperkuat sektor pertanian agar memperkuat perekomomian negara. sebagai warga negara yang baik kita ikut berperan dalam pembangunan ide-ide demi kemajuan pangan Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas pertanian yang ada, sebaiknya memulai memodif dari penanaman sampai penjualan agar harga semakin tinggi dan bisa di eksport.

Perubahan zaman modern semakin terlihat ketika memasuki era tahun 2000an banyak makanan-makanan cepat saji yang sekarang sangat diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Juga penggunaan bahan-bahan pertanian yang sangat membahayakan kesehatan banyak dilakukan demi hasil panen yang cepat dan bagus untuk menguntungkan si penanam. Pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa penggunaan bahan kimia sintetis. Dengan tujuan untuk menyediakan produk-produk pertanian yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumen serta menjaga keseimbangan lingkungan dengan menjaga siklus alamiah. Dengan adanya program pertanian organik harga jual lebih tinggi karena tidak merusak kesehatan.

Saat lahan pertanian semakin berkurang dikarenakan banyaknya pembangunan gedung-gedung dan rumah-rumah seiring dengan pertambahan SDM yang semakin meningkat. Dunia pertanian memberikan alternatif yaitu dengan menanam metode hidroponik. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Macam-macam sayuran dan buah-buahan yang bisa ditanam dengan hidroponik adalah selada,mentimun, bayam, sawi, kangkung, tomat, brokoli, seledri, paprika, cabe, buncis, terong, pare, strawberry, melon, semangka, blubbery, anggur.

Beberapa bulan yang lalu dalam sebuah karya tulis ilmiah yang sudah saya buat dan teliti saya memberikan saran baru pupuk pertanian yang ramah lingkungan, juga tidak membahayakan untuk konsumen biasa disebut bokashi. Bokashi adalah sebuah metode pengomposan yang dapat menggunakan starter aerobic maupun anaerobic untuk mengomposkan bahan organic yang biasanya berupa campuran molasses air starter miroorganisme dan sekam padi. Tetapi saya menamai bokashi jerami, karena bahan utamanya menggunakan jerami dicampur sekam padi, dedak, molasses, ME 4 dan air. Yang satunya lagi bokashi pupuk kandang bahan utamanya kotoran hewan (sapi,kambing, ayam dll) dicampur abu sekam, dedak, ME 4, molasses dan air.

Di pasar modern kenapa hasil pertanian dan pangan yang dijual kebanyakan import dari luar negeri, padahal negara kita sendiri cukup kaya dengan hasil pertanian. Untuk bisa masuk ke pasar modern dalam hal kualitas hasil pertanian harus di tingkatkan. Kita harus memperhatikan cara packingnya sekreatif mungkin agar menarik para konsumen dan diberi plastic agar lebih higenis. Tentu saja kita lebih percaya diri menawarkannya di pasar modern, swalayan

Saya memberika inofasi baru untuk pangan Indonesia yang bergizi dan harganya terjangkau yaitu sosis yang banyak di minati oleh semua kalangan bisa untuk lauk, bahan campuran makanan maupun camilan, yaitu sebuah sosis zerapalok untuk mencegah obesitas. Bahan-bahannya dari daging, jagung, dan lidah buaya. Diharpkan makanan ini nantinya dapat mendunia dan menjadi salah satu pangan sehat yang bisa di ekspor ke luar negeri untuk membantu meningkatkan sektor perekonomian negara Indonesia.

 

 

 



Kembali ke artikel lainnya readers
© Copyright 2019. All Rights Reserved